SUSUNAN REDAKSi

                                             

 

 Media Informasi Berita Aktual & Terpercaya

Direktur utama:

WISNA

Penangung jawab :
agung mirza

Pimimpinan redaksi/Pimred :
Agung mirza

wakil pimpinan Redaksi:Reihart.S

Repoter/Wartawan Batam

Rachman. R

Evi yanto

koordinator Liputan Kepri:

Dedek wahyudi

kepala Biro Tanjung Pinang:

Rudi

 

Koorlap Nasional:

S. Martin, SH

Kepala Perwakilan jakarta :

Rahimatul Fikri

wartawan/Repoter Jakarta:

Virdita Ratriani

Kepala Perwakilan Provinsi Riau:

Safri

Kepala Biro kab.kuansing:

Hengki Yuli Yandi 

Kepala Perwakilan Bali:

Mely

kepala Perwakilan Sumbar:

Beriandika ananda.

Editor:

Angga Ariga Tampubolon

Iklan:

Vina Hariyanti

Panesehat Hukum:RAMADON SIREGAR.SH

Riky Napitupul.SH

Nova Fitria.SH

Dewan Pembina;

Ahmad Sosiawan, SE.

Panesehat agama:

Abdul Haris

SEKETARIS:

SITI FATIMAH SINAGA .AMD

Standar Perlindungan Profesi Wartawan

KEMERDEKAAN menyatakan pikiran dan pendapat merupakan hak asasi manusia yang tidak dapat dihilangkan dan harus dihormati. Rakyat Indonesia telah memilih dan berketetapan hati melindungi kemerdekaan menyatakan pikiran dan pendapat itu dalam Undang-Undang Dasar 1945. Kemerdekaan pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat dan bagian penting dari kemerdekaan menyatakan pikiran dan pendapat.

Wartawan adalah pilar utama kemerdekaan pers. Oleh karena itu dalam menjalankan tugas profesinya wartawan mutlak mendapat perlindungan hukum dari negara, masyarakat, dan perusahaan pers. Untuk itu Standar Perlindungan Profesi Wartawan ini dibuat:

Perlindungan yang diatur dalam standar ini adalah perlindungan hukm melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan memperoleh perlindungan hukum dari negara, masyarakat, dan perusahaan pers. Tugas jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi melalui media massa;

Dalam menjalankan tugas jurnalistik, wartawan dilindungi dari tindak kekerasan, pengambilan, penyitaan dan atau perampasan alat-alat kerja, serta tidak boleh dihambat atau diintimidasi oleh pihak manapun;
Karya jurnalistik wartawan dilindungi dari segala bentuk penyensoran;Wartawan yang ditugaskan khusus di wilayah berbahaya dan atau konflik wajib dilengkapi surat penugasan, peralatan keselamatan yang memenuhi syarat, asuransi, serta pengetahuan, keterampilan dari perusahaan pers yang berkaitan dengan kepentingan penugasannya;Dalam penugasan jurnalistik di wilayah konflik bersenjata, wartawan yang telah menunjukkan identitas sebagai wartawan dan tidak menggunakan identitas pihak yang bertikai, wajib diperlakukan sebagai pihak yang netral dan diberikan perlindungan hukum sehingga dilarang diintimidasi, disandera, disiksa, dianiaya, apalagi dibunuh;Dalam perkara yang menyangkut karya jurnalistik, perusahaan pers diwakili oleh penanggungjawabnya;Dalam kesaksian perkara yang menyangkut karya jurnalistik, penanggungjawabnya hanya dapat ditanya mengenai berita yang telah dipublikasikan. Wartawan dapat menggunakan hak tolak untuk melindungi sumber informasi;Pemilik atau manajemen perusahaan pers dilarang memaksa wartawan untuk membuat berita yang melanggar Kode Etik Jurnalistik dan atau hukum yang berlaku.

Jakarta, 25 April 2008

Standar ini disetujui dan ditandatangani oleh sejumlah organisasi pers, pimpinan perusahaan pers, tokoh pers, lembaga terkait, serta Dewan Pers di Jakarta, 25 April 2008. Sebelum disahkan, draft Standar Perlindungan Profesi Wartawan telah dibahas melalui serangkaian diskusi yang digelar Dewan Pers.

Pembuatan Standar ini merupakan pelaksanaan fungsi Dewan Pers menurut Pasal 15 ayat (f) UU No.40/1999 tentang Pers yaitu “memfasilitasi organisasi-organisasi pers dalam menyusun peraturan-peraturan di bidang pers dan meningkatkan kualitas profesi wartawan

Wartawan 12Gemaberita.web.id tercantum dalam boks dan dibekali kartu pers, jika tidak ada tercantum/tertulis nama seseorang di dalam Boxs redaksi berarti, bukan wartawan12Gemaberita.web.id!! & jika ada pihak yang merasa dirugikan oleh oknum yang mengaku- ngaku dirinya wartawan 12Gemaberita.web.id, sedang kan namanya tidak tercantum pada boks redaksi, itu diluar tanggung jawab redaksi, silahkan laporkan kepada pihak yang berwajib !!

Di Kelola :

PT. MEDIA SEJAHTERA ANAKOTTA

KEPMENKUMHAM RI  :
NOMOR AHU- 0049137.AH.01.01 TAHUN 2017

SIUP NO: 503 / 2619 / 5.10.04.13 /2017
TDP: 503/2620/5.10.04.14/2017

NPWP :  83.274.511.1-214 .000